ANTUM ADALAH PENYIAR…

825

artvisi-1

Penyiar adalah ujung tombak radio. Mewakili radio, ia berinteraksi langsung dengan pendengar. Baik-buruk siarannya –bahkan perilakunya—berpengaruh terhadap baik-buruk atau integritas radionya. Sukses tidaknya sebuah acara ditentukan oleh penyiarnya.

Penyiar adalah seorang penampil yang melakukan pekerjaan penyiaran, menyajikan produk komersial, menyiarkan berita/informasi, akting sebagai pembawa acara atau pelawak, menghendel olah raga, pewawancara, diskusi, quiz dan narasi.

Dalam bahasa Inggris, penyiar disebut announcer (arti harfiyah: orang yang mengumumkan). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penyiar adalah orang yang menyiarkan atau penyeru pada radio.

Penyiar adalah seorang yang bertugas menyebarkan (syiar) suatu atau lebih informasi yang terjamin akurasinya dengan menggunakan radio dengan tujuan untuk diketahui oleh pendengarnya, dilaksanakan, dituruti, dan dipahami. (M. Habib Bari).

Penyiar adalah “a person who make announcements over the radio” (orang yang memberitahukan/mengumumkan sesuatu melalui radio). (Thorndike dan Barnhart).

Penyiar adalah orang yang menyajikan materi siaran kepada para pendengar. (Prof. Onong Uchjana Effendy).

Penyiar juga disebut DJ (Disk Jockey), yakni perangkai file, karena ia menyajikan file dan “bersuara” sebagai “link” atau perangkai antarfile. Suara dan pembicaraan penyiar –jika “pas” dengan file-file yang diputar– akan menambah kenikmatan pendengar dalam mendengarkan file suara tersebut. (www.romeltea.com).*

 

11 SYARAT JADI PENYIAR

Penyiar adalah seorang profesional dalam arti memiliki keahlian atau ketermpilan khusus –yakni keterampilan komunikasi massa dalam hal ini komunikasi melalui radio.

Untuk memiliki keahlian khusus tersebut, seorang penyiar hendaknya memenuhi kualifikasi atau persyaratan sebagai berikut:

1. Memiliki suara standar

2. ‘Suka Ngomong’

3. Memiliki Sense of Broadcast, hobi dunia penyiaran.

4. Berwawasan Luas, suka membaca, haus informas dan ilmu.

5. Humoris, Memilik Sense of Humor

6. Suka bergaul, luwes, fleksibel, sociable

7. Ramah, friendly

8. Menguasai alat siaran (Radio Tools)

9. Mengenali Visi-Misi, Format, Segmen, dan Program Radio

10. Berjiwa entertainer, selalu berupaya menyengkan pendengar. harus mampu berekspresi secara fleksibel terdepan mengikuti segala trend lifestyle & information.
11. Siap bekerja sama dengan tim karena penyiar tidak bekerja sendiri, tapi ditopang “tim kerja” seperti programmer, produser, penulis naskah, dll. (www.romeltea.com).*

 

SIFAT-SIFAT PENYIAR

Penyiar sejatinya merupakan keseruan tersendiri dari sebuah siaran radio. Oleh karenanya berikut ada beberapa perilaku yang diharapkan dari seorang penyiar yang baik:
1. Penyiar adalah seorang sales person
Penyiar harus mampu mengemas ‘barang dagangannya’ dengan baik sehingga pendengar (listener) berminat untuk mendengarkannya.
2. Penyiar adalah sahabat pendengarnya
Penyiar harus membuat pendengarnya merasa comfort, benar-benar menjadi seorang sahabat. Sebab mereka akan mudah mengganti frekuensi radionya apabila mereka tidak comfort.
3. Penyiar harus punya “air personality
Penyiar adalah sumber kepercayaan dan sumber informasi bagi pendengarnya. Makanya penyiar harus punya kepribadian yang jujur, hangat dan punya pengetahuan yang luas. Untuk membuat berwawasan luas salah satu caranya adalah dengan membuat script.
4. Pendengar adalah orang kedua tunggal
Karena sifat radio person to person media, maka seorang penyiar harus menyapa dan memperlakukan pendengarnya sebagai pribadi. Oleh sebab itu, sapaan ke pendengar adalah kamu, anda.
5. Mempergunakan bahasa percakapan, bicara dengan singkat, padat dan jelas.
6. Kedekatan dengan pendengarnya
Karena sebagai sahabat, sebagai penyiar harus mampu berbicara dengan bahasa yang sama dengan pendengarnya, dan seorang penyiar harus tahu apa yang sedang populer di kalangan pendengarnya.
7. Kemampuan bekerjasama
Kemampuan bekerjasama diperlukan bagi seorang penyiar. Karena kerja di radio adalah kerja tim.
8. Memiliki rasa seni dan selera musik yang baik
Penyiar adalah profesi yang memerlukan “skill” dan “art“. Selera musik menjadi penting apalagi untuk radio yang memilih bermain di format musik.

Secara garis besar, pengetahuan atau keterampilan yang harus dipunyai oleh penyiar adalah:
a. Pembuatan skrip (teks)
b. Announcing skill
c. Musical touch
d. Operating skill

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here