Serunya Buka Puasa Bersama Wartawan di Rumah Dubes Saudi

291

ARTVISI.or.id : Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Al Shuibi, mengundang sejumlah wartawan untuk buka puasa bersama di rumah dinasnya di jalan Teuku Umar nomor 36, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (22/5/2018).

Acara yang digelar dengan santai ini dibuka dengan bincang-bincang dengan para wartawan mengenai budaya dan tradisi puasa di Indonesia dan Saudi. Osama mempersilahkan kepada para wartawan untuk berbagi kisah tentang puasa.

Ada wartawan yang bercerita, bahwa di Indonesia, biasanya orang suka makan gorengan dan kolak. Dan ada tradisi imsak, yaitu menahan makan dan minum, 10 menit sebelum adzan subuh.

Osama mengomentari beberapa cerita wartawan. Dia mengatakan, anak-anak Saudi sejak kecil terbiasa diajarkan untuk berpuasa. Usia 7 tahun biasanya sudah banyak yang puasa sehari.

“Untuk imsak, di Saudi tidak ada istilah tersebut. Karena berdasarkan hadits nabi, akhir sahur itu sampai terdengar adzan subuh,” kata Osama.

Osama juga menuturkan, kebiasaan masyarakat di Saudi menyediakan buka puasa bagi jamaah masjid. Apalagi di Masjidil Haram, jumlahnya lebih banyak lagi.

Ada wartawan yang bertanya, “Apa menu makanan Indonesia yang disukai Pak Dubes?.”

“Saya sangat suka nasi goreng dan sate. Adapun makanan yang lainnya kurang cocok karena terlalu banyak mengandung minyak,” kata Osama.

Mendapati jawaban itu, ada wartawan yang menimpali bahwa makanan kesukaan Osama mirip dengan mantab presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

“Kalau begitu, sama seperti dengan Obama ya, sukanya nasi goreng dan sate,” kata salah satu wartawan.

Sambil tersenyum, dubes menjawab, “Ya. Namanya juga kan mirip. Dia Obama, saya Osama,” kata Osama, yang kemudian diiringi tawa hadirin.

Usai bincang santai, Dubes mempersilahkan kepada para wartawan untuk menyantap makanan ringan, karena waktu berbuka telah tiba.

“Silahkan dimakan. Ada kurma, buah dan kopi Arab. Ini makanan asli Saudi,” ujar Osama.

Usai sholat maghrib berjamaah, para undangan menikmati hidangan yang disediakan oleh tuan rumah. Makanan yang disuguhkan adalah menu ala Saudi. Ada nasi mandhi, kambing guling, sambosa, sayuran, jus buah, dan lain-lain. (Budi Marta)

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY